Catper Semeru (bagian 1 versi singkat)


Daripada nunggu kelamaan kelar nyelesain tulisan catper yang agak lebay, ditulis dulu deh versi singkatnya…

21 Desember 2012
Berangkat menuju Malang dari Bandung, via kereta Malabar, waktu itu dapat tiket dengan harga 165ribu, kereta kelas-3. menurut obrolan engan penumpang sebelah, dia pesan dalam waktu yang dekat harga ternyata lebihmahal, jadi kayaknya pesan jauh2 hari bisa mendapatkan harga lebih murah.

Aku naik dari stasiun Kiara Condong, kereta ini brangkat dari Stasiun Hall pukul 15.30, jeda waktu sekitar 10-15 menit untuk sampai di Stasiun Kiara Condong. dari Bojongsoang bisa ikut angkot dayeuhkolot-kordon, trus jalan ke pasar kordon sambung naik ciwastra-cicadas. berhubung kemaren kordon banjir, jadinyaย  disambung dengan buah batu-sederhana (warna biru) turun di perempatan buah batu, terus nyambung pake angkot cibaduyut-cicaheum (warna merah). Turun di deket rel kereta api, jalan aja menuju pintu stasiunnya..ย  Kereta lewat di Jalur 2, jalur itu berada di selatan, jadi kalo masuk lewat pintu selatan lebih dekat.

kalo gak naik angkot, bisa bawa motor, kalo tarif di stasiun bandung yang bagian selatan sekitar 7500/hari, kadang bisa ditawar asal pintar ngrayu bapaknya ๐Ÿ™„ , kalo di pintu utara lebih mahal, kalo gak salah 9000/hari.

Kereta Malabar itu, satu kereta dengan 3 kelas, cuma beda gerbong, jadi keikut cepet ama kelas 1. gak terlalu ngalah kayak kereta-kerata yang murni kereta kelas 3, tapi ya itu agak sedikit mahal.

22 Desember 2012

Baru sampe stasiun Malang jam 8.10an, jadwalnya sih jam 7.05, tapi kereta telat sejam selaam ini masih wajar aja. Bisa beli makan pecel madiun saat di stasiun Madiun, nyampe masiun sekitar sebelum subuh. satu bungkus 3000, tapi kemaren waktu beli gak seperti biasanya, kemaren hanya pake lauk sundreng, biasanya pake lauk tempe atau tahu. tapi tetep enak sih dengan harga segitu, aku beli dua, karena takut beebrapa jam lagi masih lapar, jadi satu dimakan saat itujuga,d an satunya dimakan sebagai sarapan. eh, iya kalo beli pecel madiun, jangan sungkan untukmilih yang masih hangat, lebih enak. ๐Ÿ˜‰

Di stasiun Malang terdapat pilihan toilet, ada yang gratis ada yng berbayar, kalo yang gratis hanya bisa untuk fungsional dasar aja, kalo yang berbayar enak untuk mandi, dan di sebelahnya lagi juga ada tempat untuk charging, sekitar 2000 sekali charging, mandi juga 2000 sekali mandi. tempatnya dekat mushola. sekalian bisa istirahat di situ. kalo mau beli makan juga ada di stasiun, walaupun menurutku agak mahal.

Kalo mau ke semeru, tujuan pertama dari Stasiun biasanya ke Pasar tumpang, bisa naek angkot dulu ke terminal arjosari (naik angkotnya ke arah seberang stasiun ongkos 3000), lalu cari angkot lagi yang menuju ke tumpang (ongkos gak tahu, sebaiknya cari tahunya tanya ke sesama penumpang aja). tapi kalo banyakan bisa langsung carter angkot atau mobil depan stasiun. tarif normal sih 100ribu/angkot atau setidaknya paling mahal 10ribu lah per orang.

pusat pemberhentian di pasar tumpang sepertinya di Alfamart. sekalian kalo mau stok logistik, sedangkan kalo mau beli-beli sayur mayur ya di pasarnya aja langsung, di seberangnya alfamart itu sudah pasar. bagian sayur mayur agak ke selatan, kalo gak salah di situ juga ada puskesmas, barangkali ada yang belum punya surat sehat bisa bikin di situ, dan jangan lupa juga untuk fotokopi KTP dan surat sehatnya, masing-masing 2 copy, deket alfamart itu ada tukang fotocopyannya juga.

di Alfaamrt juga bisa numpang toilet kalau mau. tapi deket situ juga ada masjid, sekalian nunggu jeep, sekalian sholat dulu.. masjidnya masuk gang sekitar 100 meter. masjid nya bagus, disana disedian mukena, sarung, payung.

biasanya disitu ada makelar jeep nya, dan jeep akan berangkat minimal 15 orang, tapi kalo mau cepet ya bisa aja sedibaginya per orang. yang jelas tarif peer jeep 450ribu, kalo yang bak terbuka maksimal 18 orang, kalo bak tertutup sekitar 7 orang saja.

alternatif lain kata abang makelarnya ada truk sayur, tapi itu jam 4 pagi adanya. atau truk gedhe tapi kalo yang ini butuh orang lebih banyak, walaupun nanti jatuhnya lebih murah sih. tapi dari pengalaman kemaren lebih enak naek jeep dari pada truk.

dan mumpung masih di Tumpang, jika administrasi belum lengkap, di situlah kesempatan untuk melengkapi. termasuk materai 6000 per tim nya

selanjutnya perjalanan by jeep, mata akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah banget kawan, nikmatlah.

kemudian sampai di pos ranupani, kalo mau ada barang yang ditinggal gak jadi dibawa, bisa dititipkan di warung bu erna, depan pos, disituada menu-menu rawon, kari ayam, teh manis hangat dll.

selanjutnya adalah track pendakian dengan pemandangan yang memanjakan mata, sala trackingnya di siang hari ๐Ÿ˜›

mungkin itu dulu kali ya.. untuk tempat camp bisa di Ranu kumbolo, Kalimati, dan Arcopodo. tapi Simaksi hanya sampai Kalimati aja ya kawan. setelah itu, resiko ditanggung sendiri ๐Ÿ™„

kalo kemalaman sampai ranupani, bisa nge-camp di situ, ato ada tempat singgah yang khusus untuk pendaki, tapi jauh dari toilet. di situ juga ada mushola, deket dengan toilet juga. tapi selama aku di situ, airnya cukup terbatas.

untuk versi lebay dari catper ini, ditunggu saja beberapa jam kemudian. :mrgreen:

(silakan lanjut ke sini ๐Ÿ˜€ –> http://wp.me/pciYL-dV)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s