Racing Lontong :D


Judul di atas, pemaksaan terjemahan dari sebuah nama makanan tradisional khas Jawa Timur, eh gak juga ding, temen ku yang dari Ngawi gak mengenal makanan ini, sepertinya memang khas Surabaya, kalo tetangganya Surabaya ya masih familiar banget ma makanan yang satu ini.

So, dengan terjemahan bebas dari judul di atas, makanan ini dinamakan “Lontong Balap”. mau tahu apa itu lontong balap? Mau tahu sejarahnya gimana? Silakan nonton Video di Youtube ini.. :P. .. (tapi awas, jangan kebawa dengan bahasanya.. eh, tapi kalo bukan orang surabaya asli, gak bakal ngeh seh 😀 )

Ya, sekalian promosi produk anak bangsa, silakan searching serial suro dan boyo yang lain, yang versi gedhe ada 3 episode, yang versi anak-anak masih satu episode, salah satu nya di sini.

Lah di situ bisa dilihat, apa tu makanan lontong balap, khas nya emang dari khas produk sidoarjo juga, petis.  Makanan lain yang mengandung petis seperti Rujak Cingur, Tahu Campur, Tahu Tek, Krengsengan, trus apa lagi ya?

dan tingkat kelezatannya juga ditentukan oleh jenis petisnya. Petis yang asli pasti enak. Bahan dasarnya sih ikan, udang. Jadi kalo ada yang alergi seafood, kemungkinan juga akan alergi petis juga.

Petis memang hitam, tapi rasanya gak seseram penampilannya.

Dan inilah Lontong Balap buatanku.

Kalo dari bahan hampir semuanya sama dengan yang ditampilkan di vdeo di atas, hanya saja untuk lentho-nya aku memakai lentho yang dari kacang beras, bukan dari singkong.

dan rasanya Mantap Jaya, (apa karena petisnya yang super enak ya?) , cocok buat buka warung. :mrgreen:

*liburan dengan aneka makanan khas rumah, selain lontong balap, juga ada rawon, soto, donat, roti pisang, othok-othok, mengobati kegemesan dengan kondisi kota bandung yang bikin gemes *

One comment on “Racing Lontong :D

Leave a comment